Senin, 17 Februari 2014

KELUD OH KELUD……SATU KENANGAN SEBELUM ERUPSI



Mendengar Berita malam itu , terasa tidak percaya bahwa gunung Kelud erupsi, miris melihat berita di salah satu stasiun televisi, yang mengadakan siaran Breaking News ,khusus untuk memberikan informasi suasana yang terjadi di Gunung Kelud dan sekitarnya. Gunung Kelud erupsi pada jam  22.55 waktu Indonesia bagian Barat. Terbayang suasana yang diliput oleh stasiun televisi tersebut, mencekam dan rasa was-was disetiap wajah penduduk sekitar gunung tersebut. Suasana kepanikan tampak pada gambar-gambar yang disiarkan. Tapi saya masih berasa bersyukur, karena instansi yang terkait terus memantau kondisi gunung Kelud setiap saat sampai terjadinya erupsi. Status gunung Kelud yang diumumkan pada jam 21.15 yang menyatakan bahwa status ditingkatkan menjadi status ‘Awas’ , dimana dalam status ini benar benar bahwa gunung akan erupsi. Penghargaan saya sampaikan kepada pemerintah daerah di sekitarnya sudah tanggap dan siap akan terjadinya erupsi ini. Jalur-jalur evakuasi sudah dipikirkan,  Sehingga pada saat Erupsi tersebut terjadi,warga tidak terlalu panik untuk mencari tempat pengungsian.



Saya punya kenangan saat saya mengunjungi taman  Gunung Kelud tahun lalu tepatnya pada tanggal 13 Juni 2013. Awalnya mengunjungi kerabat di Kediri, seperti biasanya saya bertanya pada kerabat saya tentang wisata apa yang bisa dinikmati di kabupaten Kediri ini. Maka kerabat saya mengusulkan agar saya mengunjungi taman  Gunung Kelud.

Dengan mengendarai kendaraan selama hampir dua setengah jam, saya disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan ,kondisi jalan yang menanjak hampir 40 derajat lalu di tepi kiri dan kanannya jurang dengan kedalaman ratusan meter, maka sampailah saya di Taman  Gunung Kelud.







Suasana di pelataran parkir tidaklah terlalu ramai dengan kendaraan roda empat tapi kendaraan roda dua /Sepeda motor justru yang banyak. Di pelataran Parkir  dapat kita jumpai warung-warung yang menyediakan jajanan khas setempat. Tidak jauh dari warung-warung tersebut tepatnya di depannya kita dapat melihat pemandangan yang indah. Tampak bukit-bukit yang menghijau dan jalan kendaraan yang berkelok menuju taman wisata ini.




Setelah menikmati pemandangan dari pelataran parkir, saya
menuju ke arah terowongan yang panjangnya mungkin lebih kurang 300 m, terowongan ini merupakan jalan pintas untuk mencapai yang dulunya danau di Gunung Kelud. Tapi akibat proses alam air di danau itu mengering bersamaan munculnya gunung kecil yang tingginya tidak lebih dari bangunan berlantai empat, yang selanjutnya erupsi pada tanggal 13 Februari 2014  kemarin. Setelah melewati terowongan itu kita sudah dapat melihat gunung kecil yang baru tersebut
                                                        

Kalau melihat gunung kecil tersebut, saya tidak menyangka akan dampaknya ketika dia  meletus atau erupsi. Dengan sebesar itu dapat memuntahkan debu yang menyebar sampai ratusan kilometer jauhnya. Di Yogyakarta debu yang jatuh di sana mencapai hampir sepuluh sentimeter, data yang saya dapat, dampak erupsi Gunung Kelud ini hampir 5 kali dari erupsi Gunung Merapi pada tahun 2011 lalu, menakjubkan.


Puluhan ribu jiwa saat ini mengungsi di tempat yang aman. Pada saat saya menulis, Pemerintah menganjurkan agar tidak masuk ke wilayah yang  beradius 10 km. Ditakutkan akan ada lagi erupsi susulan dikarenakan masih dalam status awas. Bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono , sekarang sudah berada di Kediri. Dan esok harinya direncanakan akan mendatangi para pengungsi.
Dengan saya menulis ini, mungkin para pembaca yang belum pernah berkunjung ke taman wisata gunung Kelud, saya menggambarkan betapa asri dengan pemandangan indahnya sebelum terjadi erupsi. Akan tetapi sampai detik ini pada saat saya menulis belum ada berita apakah masih berstatus awas atau sudah berubah statusnya. saya membayangkan bahwa foto suasana yang saya tampilkan itu pasti sudah hancur lebur......untuk  itu saya mengetuk para pembaca untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana untuk menyisihkan hartanya untuk memberikan sumbangan. Sumbangan anda dapat di berikan kepada posko-posko bencana atau kepada penyelenggara penerimaan bantuan untuk bencana di Gunung Kelud.
Untuk itu marilah kita berdoa agar bencana ini cepat berlalu dan tidak bertambahnya korban jiwa. Amin.....

medio February 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar