Minggu, 17 November 2013

THE CHEAP WEEKEND



Sore hari sehabis pulang kerja terasa penat ,hari ini adalah hari terakhir kerja di minggu ini. Besok adalah hari Minggu yang mana besok hari libur untuk saya.  Lalu apa yang harus saya lakukan besok hari ? . Saya ada ide untuk mengunjungi sebuah Kampus dimana di pagi harinya khususnya pada Minggu  kampus tersebut akan penuh dengan warga sekitar kampus bahkan dari daerah lain yang jauh dari kampus itu. Kampus apakah itu?. Ya , saya akan mengunjungi kampus Universitas Indonesia di kawasan Depok. Kenapa Kampus Depok UI ini menjadi tujuan rekreasi di hari minggu ?, itu yang menjadi pertanyaan saya saat ini.
Pada Hari Minggu pagi,  saya berangkat ke Universitas Indonesia , kampus Depok pada jam 5.Sampai di Kampus Depok jam 6.30 pagi. Jadi hanya setengah jam dari rumah saya yang berlokasi di Ciganjur Jakarta Selatan. Suasana lingkungan kampus yang mungkin di tata sealami mungkin dimana di sisi perbatasan dengan perkampungan terdapat Hutan. Hijaunya hutan membuat suasana menjadi sejuk akibat produksi oksigen dari pepohonan yang tumbuh. Beragam aktivitas dapat dilakukan sambil menikmati kesejukan di lahan seluas sekitar 300 hektar,di mana dari lahan seluas 300 hektar sekitar 25 % digunakan untuk pembangunan sarana kuliah, sedangkan sisanya sebanyak 75 % dibiarkan sebagai hutan dan danau. Bisa dibayangkan betapa luasnya kampus ini untuk dijelajahi.


Universitas Indonesia Kampus Depok, sudah lama menjadi tujuan untuk berolah raga bagi warga sekitar UI maupun warga lainnya yang tinggal jauh dari Kampus. Bahkan pada tahun 1999 dimana pada saat itu Indonesia mengalami krisis moneter, kampus tersebut  pernah mengadakan “pasar pagi” yang menghimpun pedagang-pedagang kecil yang mungkin didatangkan dari tanah abang untuk berdagang di kampus ini. Dengan adanya “pasar pagi” ini, suasana kampus di pagi hari saat itu sangan meriah dan penuh dengan warga yang ingin berbelanja ataupun untuk mencari berbagai kuliner. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi, yang ada hanya pedagang minuman dan makanan yang menjajakan dengan tas, sehingga tidak memberikan kesan kumuh suasana kampus.




Saya parkir kendaraan saya tepat di depan gedung Perpustakaan Pusat. Setelah itu memulai perjalanan dengan berjalan kaki yang tentu ditemani oleh kamera yang setia ikut dengan saya.Saya mulai membidikkan kamera pada setiap objek yang menarik bagi saya. Dengan sesekali saya mewancarai beberapa pengunjung diantaranya bapak Wandi dari Depok, mengatakan bahwa hampir setip hari Minggu beliau mengajak keluarganya untuk berekreasi dan berolah raga di lingkungan kampus ini.” Sarana yang bagus dan sejuk juga gratis”  kata pak Wandi



Tidak terasa saya sudah berada di danau yang berada ditengah-tengah lingkungan kampus. Tampak beberapa pengunjung memancing ikan disana. “ikan yang dipancing disini adalah ikan Mujair “ ungkap pak Rusdi dari Pasar Minggu. Hampir setengah kilogram dia sudah mendapatkan ikan di danau ini.




Dari danau itu terasa badan saya sudah berpeluh dan letih, lalu saya mengarahkan langkah kaki saya ke arah danau di dekat rel Kereta api tepatnya di sisi perpustakaan Pusat dimana kendaraan saya parkir. Di tepi danau itu saya beristirahat sambil menikmati indahnya danau sambil menikmati tahu goreng yang dijajakan oleh Mahasiswa yang belajar disana.” Lumayan Pak,untuk nambahin uang jajan” ,ungkap Mahasiswa 
yang tidak mau disebut namanya itu.
Ketika istirahat,  terjawab sudah pertanyaan saya tadi, Kampus Depok UI mengapa menjadi sarana rekreasi di hari Minggu. Yaitu kurangnya lahan terbuka dan hijau dengan pepohonan yang membuat sejuk untuk berekreasi di tengah kota Jakarta. Selayaknya kita sebagai warga yang memanfaat kan sarana kampus UI depok mengucapkan terima kasih atas diijinkannya memakai sarana kampus untuk ajang rekreasi.

Setelah kepenatan hilang  lalu sayapun segera pulang karena saya ada acara resepsi pernikahan kerabat siang nanti. Kepuasan dan kenyamanan di kampus Depok Universitas Indonesia dapat mengobati segala kepenatan saya setelah enam hari  bekerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar