Selasa, 05 November 2013

Ayo memancing ikan



Sebuah Hobby yang sangat banyak diminati orang saat ini. Dalam hobby ini Memancing dalam arti menangkap ikan sudah dikenal oleh peradaban manusia sejak 10.000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan arkeologi pada goa-goa tua dan dengan ditemukannya tulang-belulang, mata kail dan gambar serta lukisan pada zaman batu di dalam goa-goa tersebut.


Teknik menangkap ikan mulai beragam pada masa Neolitik sekitar 4.000 - 8.000 tahun yang lalu yang kemudian berkembang menjadi teknik yang lebih modern dan masih dipakai hingga saat ini.
  



Pekerjaan memancing ini secara luas adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan pekerjaan, hobi, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. 


Ternyata memancing ikan dapat dibedakan berdasarkan alam buruannya, yaitu:
Dalam hal memancing ikan air laut selalu tergantung dari factor cuaca, kejernihan air laut,arus air laut dan suhu air laut. Memancing di laut dapat dikerjakan ditengah laut ataupun di pantai. Biasanya ikan tangkapan di tepi pantai tidak terlalu besar dibandingkan dengan tangkapan ikan dari tengah laut.



Banyaknya spot-spot untuk memancing di laut, lebih-lebih Indonesia merupakan negara yang mempunyai laut yang luas, sekarang tergantung  Anda menentukan ingin memancing di tengah laut atau hanya di tepi pantai?.


Untuk umpan yang dipakai banyak macamnya ada yang memakai umpan alami atau umpan buatan. Umpan alami adalah umpan yang menggunakan ikan, sotong dan undang yang mati ataupun masih hidup. 


 























Lain halnya dengan memancing di air tawar, banyak trik ataupun cara dalam memancing di air tawar, tinggal anda memilih memakai cara atau trick yang anda suka.Mengenai tempat untuk memancing, sekarang sudah banyak tempat pemancingan yang dikelola secara komersial dengan membayar kocek yang tidak terlalu mahal anda sudah dapat memancing ikan air tawar. Atau anda dapat juga mencari tempat-tempat memancing yang tidak perlu mengeluarkan uang, seperti di Sungai, danau ataupun Waduk.

 



Untuk umpan di air tawar biasanya banyak yang memakai cara sendiri dan tergantung dari jenis ikan yang akan dipancing,tapi umpan yang biasa dipakai adalah pelet,yang merupakan campuran dari bahan
                  - Pelet halus 1 bungkus
                  - Kuning telur bebek 1 butir
-                - Ikan Sarden 1 kaleng kecil
             -   Telur semut (Kroto) secukupnya
Cara Membuat :
Pertama-tama buang dulu bumbu sarden kemudian ikan sarden dihaluskan, dicampur dengan kuning telur bebek, diaduk sampai rata, campurkan pellet halus sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dibuat bulat dan rekat dengan baik. Saat memancing adonan dicampur dengan kroto
.
 

Perlu diketahui, kegiatan memancing ini bermanfaat untuk :
1. Memancing merupakan tempat ajang wisata & liburan bagi keluarga 
 2. Memancing akan mendapatkan manfaat kesehatan,karena memancing juga merupakan sarana olahraga.
3. Memancing adalah obatnya stress.
4. Memancing melatih kesabaran. 


Tertarik oleh Hobby yang satu ini?  Siap-siap kalau anda akan ketagihan nantinya..





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar